Rabu, 30 Mei 2012

Stop .... Konsumsi Makanan yang mengandung Pemanis & Pengawet Buatan














"Ternyata enak masakan bundaku .... sehat, lezat dan aman untukku."
Ternyata enak putu, gethuk, kolak buatan ibuku ..."
Stop jajan di jalan .... stop makan bakso dan caosssss merah"

Ketrampilan proses merupakan  ketrampilan yang diperoleh dari latihan-latihan kemampuan mental, fisik, dan sosial yang mendasar sebagai penggerak kemampuan yang lebih tinggi.
Jenis-jenis ketrampilan dalam ketrampilan proses
a.       Mengamati
Melalui kegiatan mengamati, siswa belajar tentang dunia sekitar kita yang fantastis. Siswa mengamati objek-objek dan fenomena alam dengan pancaindra : penglihatan, pendengaran, perabaan, penciuman, dan perasa/pencecap. Mengamati merupakan tanggapan kita terhadap berbagai objek dan peristiwa alam dengan menggunakan panca indra.
b.      Mengklarifikasi
Mengklarifikasi adalah ketrampilan proses untuk memilih berbagai objek peristiwa berdasarkan sifat-sifat khususnya, sehingga didapatkan golongan atau kelompok sejenis dari objek peristiwa yang dimaksud.
c.       Mengkomunikasikan
Mengkomunikasikan adalah menyampaikan dan memperoleh fakta, konsep, dan prisip ilmu pengetahuan dalam bentuk suara, visual, atau suara visual.
d.      Mengukur
Mengukur adalah membandingkan yang diukur dengan satuan ukuran tertentu yang telah ditetapakansebelumnya.
e.       Memprediksi
Memprediksi adalah mengantisipasi atau membuat ramalan tentang segala hal yang akan terjadi pada waktu mendatang, berdasarkan perkiraan pada pola atau kecenderungan tertentu, atau hubungan antara fakta, konsep, dan prinsip dalam ilmu pengetahuan.
f.       Menyimpulkan
Menyimpulkan adalah ketrampilan untuk memutuskan keadaan suatu objek atau peristiwa berdasarkan fakta, konsep, dan prinsip yang diketahui.
(Dimyati, 2009: 173)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar