Selasa, 26 Juni 2012

Bahan Kimia dalam Makanan ... dalam pembelajaran IPA Terpadu




Beberapa Contoh Zat Aditif
Zat aditif makanan telah dimanfaatkan dalam berbagai proses pengolahan makanan, berikut adalah beberapa contoh zat aditif :

Zat aditifContohKeterangan
PewarnaDaun pandan (hijau), kunyit (kuning), buah coklat (coklat), wortel (orange)Pewarna alami
Sunsetyellow FCF (orange), Carmoisine (Merah), Brilliant Blue FCF (biru), Tartrazine (kuning), dllPewarna sintesis
PengawetNatrium benzoat, Natrium Nitrat, Asam Sitrat, Asam Sorbat, FormalinTerlalu banyak mengkonsumsi zat pengawet akan mengurangi daya tahan tubuh terhadap penyakit
PenyedapPala, merica, cabai, laos, kunyit, ketumbarPenyedap alami
Mono-natrium glutamat/vetsin (ajinomoto/sasa), asam cuka, benzaldehida, amil asetat, dllPenyedap sintesis
AntioksidanButil hidroksi anisol (BHA), butil hidroksi toluena (BHT), tokoferolMencegah Ketengikan
PemutihHidrogen peroksida, oksida klor, benzoil peroksida, natrium hipoklorit-
Pemanis bukan gulaSakarin, Dulsin, SiklamatBaik dikonsumsi penderita diabetes, Khusus siklamat bersifat karsinogen
Pengatur keasamanAluminium amonium/kalium/natrium sulfat, asam laktatMenjadi lebih asam, lebih basa, atau menetralkan makanan
Anti GumpalAluminium silikat, kalsium silikat, magnesium karbonat, magnesium oksidaDitambahkan ke dalam pangan dalam bentuk bubuk

Zat aditif adalah bahan kimia yang dicampurkan ke dalam makanan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas makanan, menambahkan kelezatan, membuat makanan tampak lebih menarik, dan mengawetkan makanan.
 
Di zaman modern seperti sekarang ini, bahan tambahan makanan digunakan dalam skala yang makin luas. Luasnya penggunaan bahan tambahan makanan dapat dilihat dari pengelompokannya seperti diatur dalam peraturan Menkes nomor 235 (1979). Dalam peraturan Menkes tersebut, disebutkan bahwa berdasarkan fungsinya, bahan tambahan makanan (zat aditif) dikelompokkan menjadi 14, di antaranya, yaitu: antioksidan dan antioksidan sinergis, pengasam, penetral, pemanis buatan, pemutih dan pematang, penambah gizi, pengawet, pengemulsi (pencampur), pemantap dan pengental, pengeras, pewarna alami dan sintetis, penyedap rasa dan aroma, dan lainnya.
Komposisi adalah semua bahan baku pembuat makanan kemasan, termasuk zat aditif yang digunakan dalam pembuatan atau persiapan pangan dalam kemasan. Bahan aditif yang mesti dicantumkan dalam kandungan isi meliputi bahan buatan atau alami yang ditambahkan untuk memperbaiki penampilan, bau, rasa, konsistensi atau lama penyimpanannya.

Biasanya, bahan aditif diberi kode huruf E (Eropa) dan diikuti dengan tiga angka. Misalnya, E 100 sebagai kode pewarna, E 200 kode konsevator, E 300 kode antioksida, dan E 400 kode pengemulsi atau stabilisator. Contoh bahan aditif itu adalah E 200 asam sorbat, E 201 Na sorbat, E 300 asam askorbat, E 311 oktil gallat, E 320 butil hidroksilanisol (BHA), dan E 321 butilhidroksil toluena (BHT).
Zat aditif makanan dapat dikelompokkan menjadi dua golongan, yaitu:
1.      Zat aditif yang berasal dari sumber alami, seperti lesitin dan asam sitrat;
2.      Zat aditif sintetik dari bahan kimia yang memiliki sifat serupa dengan bahan alami yang sejenis, baik susunan kimia maupun sifat/fungsinya, seperti amil asetat dan asam askorbat.

Berdasarkan fungsinya, baik alami maupun sintetik, zat aditif dapat dikelompokkan sebagai zat pewarna, pemanis, pengawet, dan penyedap rasa.
A. Bahan Pewarna
Bahan pewarna merupakan bahan alami ataupun bahan kimia yang ditambahkan ke dalam makanan. Penambahan bahan pewarna pada makanan bertujuan untuk memberi penampilan tertentu atau warna yang menarik. Warna yang menarik dapat menjadikan makanan lebih mengundang selera.
Berdasarkan sifat kelarutannya, zat pewarna makanan dikelompokkan menjadi dye dan lake. Dye merupakan zat pewarna makanan yang umumnya bersifat larut dalamair. Dye biasanya dijual di pasaran dalam bentuk serbuk, butiran, pasta atau cairan. Lake merupakan gabungan antara zat warna dye dan basa yang dilapisi oleh suatu zat tertentu. Karena sifatnya yang tidak larut dalam air maka zat warna kelompok ini cocok untuk mewarnai produk-produk yang tidak boleh terkena air atau produk yang mengandung lemak dan minyak.

1. Pewarna Alami
Pewarna alami merupakan bahan pewarna yang bahan-bahannya banyak diambil dari tumbuh-tumbuhan. Bahan pewarna alami yang banyak digunakan antara lain sebagai berikut.
  • Daun suji mengandung zat warna klorofil untuk memberi warna hijau menawan, misalnya pada dadar gulung, kue bika, atau kue pisang.
  • Buah kakao merupakan penghasil cokelat dan memberikan warna cokelat pada makanan, misalnya es krim, susu cokelat, atau kue kering.
  • Kunyit (Curcuma domestica) mengandung zat warna kurkumin untuk memberi warna kuning pada makanan, misalnya tahu, bumbu Bali, atau nasi kuning. Selain itu, kunyit dapat mengawetkan makanan.
  • Cabai merah, selain memberi rasa pedas, juga menghasilkan zat warna kapxantin yang menjadikan warna merah pada makanan, misalnya rendang daging atau sambal goreng.
  • Wortel, beta-karoten (provitamin-A) pada wortel menghasilkan warna kuning.
  • Karamel, warna cokelat karamel pada kembang gula karena proses karamelisasi, yaitu pemanasan gula tebu sampai pada suhu sekitar 170°C.
  • Gula merah, selain sebagai pemanis juga memberikan warna cokelat pada makanan, misalnya pada bubur dan dodol.
Selain contoh di atas, beberapa buah-buahan juga dapat menjadi bahan pewarna alami, misalnya anggur menghasilkan warna ungu, stroberi warna merah, dan tomat warna oranye.

2. Pewarna Buatan
Makanan ada yang menggunakan pewarna alami ada pula yang menggunakan pewarna buatan. Bahan pewarna buatan ada dua jenis. Jenis pertama adalah pewarna buatan yang disintesa dengan struktur kimia persis seperti bahan alami, misalnya beta-karoten (warna oranye sampai kuning), santoxantin (warna merah), dan apokaroten (warna oranye). Jenis kedua adalah bahan pewarna yang disintesa khusus untuk menggantikan pewarna alami. Tabel berikut menunjukkan contoh bahan pewarna buatan pada makanan.
Bahan pewarna buatan Contoh produk makanan
Indigokarmin menghasilkan warna biru gula dan minuman ringan.
Eritrosin menghasilkan warna merah es krim dan jeli
Tartrasin menghasilkan warna kuning es krim, yoghurt, dan jeli
Meskipun bahan pewarna tersebut diizinkan, kamu harus selalu berhati-hati dalam memilih makanan yang menggunakan bahan pewarna buatan karena penggunaan yang berlebihan tidak baik bagi kesehatanmu. Penggunaan tartrazine yang berlebihan dapat menyebabkan reaksi alergi, asma, dan hiperaktif pada anak. Penggunaan erythrosine yang berlebihan dapat menyebabkan reaksi alergi pada pernapasan, hiperaktif pada anak, tumor tiroid pada tikus, dan efek kurang baik pada otak dan perilaku.

3. Perbedaan antara Pewarna Alami dan Pewarna Buatan
Bahan pewarna alami maupun buatan digunakan untuk memberi warna yang lebih menarik pada makanan. Biasanya orang menggunakan bahan pewarna alami karena lebih aman dikonsumsi daripada bahan pewarna buatan. Bahan alami tidak memiliki efek samping atau akibat negatif dalam jangka panjang. Adapun pewarna buatan dipilih karena memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan zat pewarna alami. Tabel berikut ini menunjukkan perbedaan kedua jenis pewarna tersebut.

Perencanaan Pembelajaran IPA Terpadu menjadi sangat penting ....





Carin dan Sund (1993) mendefinisikan IPA  sebagai  “pengetahuan yang sistematis dan tersusun secara teratur, berlaku umum (universal), dan berupa kumpulan data hasil observasi dan eksperimen”.
Merujuk pada pengertian IPA itu, maka dapat disimpulkan bahwa hakikat IPA  meliputi empat unsur utama yaitu:
  1. sikap: rasa ingin tahu tentang benda, fenomena alam, makhluk hidup, serta hubungan sebab akibat yang menimbulkan masalah baru  yang dapat dipecahkan melalui prosedur yang benar; IPA  bersifat open ended;
  2. proses: prosedur pemecahan masalah  melalui metode ilmiah; metode ilmiah meliputi penyusunan hipotesis, perancangan eksperimen atau percobaan, evaluasi, pengukuran, dan penarikan kesimpulan;
  3. produk: berupa fakta, prinsip, teori, dan hukum;
  4. aplikasi: penerapan metode ilmiah dan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari.
Keempat unsur itu merupakan ciri IPA  yang utuh yang  sebenarnya tidak dapat dipisahkan satu sama lain.
Kekuatan/manfaat yang dapat dipetik melalui pelaksanaan pembelajaran terpadu antara lain sebagai berikut:
(a)  Dengan menggabungkan berbagai bidang kajian akan terjadi penghematan waktu, karena ketiga bidang kajian tersebut (Energi dan perubahannya, Materi dan sifatnya, dan Makhluk hidup dan    proses kehidupan) dapat dibelajarkan sekaligus. Tumpang tindih materi juga dapat dikurangi bahkan dihilangkan.
(b)  Peserta didik dapat melihat hubungan yang bermakna antar konsep Energi dan perubahannya, Materi dan sifatnya, dan Makhluk hidup dan proses kehidupan.
(c)   Meningkatkan taraf kecakapan berpikir peserta didik, karena peserta didik dihadapkan pada gagasan atau pemikiran yang lebih luas dan lebih dalam ketika menghadapi situasi pembelajaran.
(d)   Pembelajaran terpadu menyajikan penerapan/aplikasi tentang dunia nyata yang dialami dalam kehidupan sehari-hari, sehingga memudahkan  pemahaman konsep dan kepemilikan kompetensi IPA.
(e)   Motivasi belajar peserta didik dapat diperbaiki dan ditingkatkan.
(f)    Pembelajaran terpadu membantu menciptakan struktur kognitif yang dapat menjembatani antara pengetahuan awal peserta didik dengan pengalaman belajar yang terkait,  sehingga pemahaman menjadi lebih terorganisasi dan mendalam, dan memudahkan memahami hubungan materi IPA  dari satu konteks ke konteks lainnya.
(g)   Akan terjadi peningkatan kerja sama  antarguru bidang  kajian terkait, guru dengan peserta didik, peserta didik dengan peserta didik, peserta didik/guru dengan narasumber; sehingga belajar lebih menyenangkan, belajar dalam situasi nyata, dan dalam konteks yang lebih bermakna.

Pembelajaran terpadu diawali dengan penentuan TEMA, karena penentuan tema akan membantu peserta didik dalam beberapa aspek yaitu:
(a)   peserta didik yang bekerja sama dengan kelompoknya akan lebih bertanggung jawab, berdisiplin, dan mandiri;
(b)   peserta didik menjadi lebih percaya diri dan termotivas dalam belajar bila mereka berhasil menerapkan apa yang telah dipelajarinya;
(c)    peserta didik lebih memahami dan lebih mudah mengingat karena mereka ‘mendengar’, ‘berbicara’, ‘membaca’, ‘menulis’ dan ‘melakukan’ kegiatan menyelidiki masalah yang sedang dipelajarinya;
(d)   memperkuat kemampuan berbahasa peserta didik;
(e)    belajar akan lebih baik bila peserta didik terlibat secara aktif melalui tugas proyek, kolaborasi, dan berinteraksi dengan teman, guru, dan dunia nyata.


Dalam pelaksanaannya di lapangan, pembelajaran IPA Terpadu terbentur pada masalah-masalah berikut ini.
(1)  Jadwal pelajaran yang sudah diatur sedemikian rupa dan tak dapat diubah begitu saja.
(2)  Masalah guru mata pelajaran IPA  yang terpisah.
(3)  Program semester yang telah memuat urutan materi yang akan diajarkan.
(4)  Penguasaan bahan ajar.
(5)  Keterpaduan kompetensi yang terjadi lintas kelas.

Terus Berkarya ... yuk pak & bu guru ....

Marva Collins ~
Don’t try to fix the students, fix ourselves first. The good teacher makes the poor student good and the good student superior. When our students fail, we, as teachers, too, have failed.

Jangan mencoba untuk memperbaiki murid atau siswa kita, perbaiki diri kita sendiri terlebih dahulu. Guru yang baik membuat murid yang jahat menjadi baik dan menjadikan murid yang baik menjadi unggul. Ketika
murid-murid kita gagal, berarti kita juga telah gagal menjadi seorang guru.

 

Teaching is the profession that teaches all the other professions.
Mengajar adalah profesi yang mengajarkan semua profesi yang lainnya.

Kamis, 07 Juni 2012

Ada Cinta di Ruang Hemodialisa

Mama ...
semakin aku mengingatmu 
semakin aku tak sanggup memilih kata-kata tuk berucap terimakasih
perjuanganmu untuk terus bertahan hidup dan memberiku kehidupan
membuatku semakin yakin, aku bahagia dan bangga menjadi anakmu

Mama,
Terimalah kasih atas kasih sayangmu yang tak pernah usai
tulus cintamu ... kurasa dulu, kini dan nanti

Mama,
meski dokter berkata fungsi ginjal hanya tinggal 10%
janganlah kau takut,
janganlah kau ragu,
cintaku tak pernah berkurang 1 % pun

Mama,
tetaplah kuat dalam cinta kami
tetaplah senyum dalam kasih sayang kami
tetaplah berbahagia dalam dekapan kami

Mama,
Andai Tuhan berikan aku pilihan
Andai 1 hari bukan 24 jam tapi 36 jam
Aku akan mengganti semua harta yang kumiliki dengan waktu
Agar aku bisa selalu ada di dekatmu

Mama
Kau tempatku mengaduh
Kau tempatku bermanja
Kau sumber kekuatanku

Mama
1000 kisses for you...
Semangat ya mama ............



KISAH POHON APEL ....




Suatu ketika, hiduplah sebatang pohon apel besar dan anak lelaki yang senang bermain-main di bawah pohon apel itu setiap hari. Ia senang memanjatnya hingga ke pucuk pohon, memakan buahnya, tidur-tiduran di keteduhan rindang daun-daunnya. Anak lelaki itu sangat mencintai pohon apel itu. Demikian pula pohon apel sangat mencintai anak kecil itu.


Waktu terus berlalu. Anak lelaki itu kini telah tumbuh besar dan tidak lagi bermain-main dengan pohon apel itu setiap harinya. Suatu hari ia mendatangi pohon apel. Wajahnya tampak sedih.

Ayo ke sini bermain-main lagi denganku,” pinta pohon apel itu.


Aku bukan anak kecil yang bermain-main dengan pohon lagi,” jawab anak lelaki itu.

Aku ingin sekali memiliki mainan, tapi aku tak punya uang untuk membelinya.”

Pohon apel itu menyahut, “Duh, maaf aku pun tak punya uang……… tetapi kau boleh mengambil semua buah apelku dan menjualnya. Kau bisa mendapatkan uang untuk membeli mainan kegemaranmu.”

Anak lelaki itu sangat senang. Ia lalu memetik semua buah apel yang ada di pohon dan pergi dengan penuh suka cita. Namun, setelah itu anak lelaki tak pernah datang lagi. Pohon apel itu kembali sedih.


Suatu hari anak lelaki itu datang lagi. Pohon apel sangat senang melihatnya datang.

Ayo bermain-main denganku lagi,” kata pohon apel.


Aku tak punya waktu,” jawab anak lelaki itu.

Aku harus bekerja untuk keluargaku. Kami membutuhkan rumah untuk tempat tinggal. Maukah kau menolongku?” Pohon apel itupun menjawab, “Duh, maaf aku pun tak memiliki rumah. Tapi kau boleh menebang semua dahan rantingku untuk membangun rumahmu."


Kemudian anak lelaki itu menebang semua dahan dan ranting pohon apel itu dan pergi dengan gembira. Pohon apel itu juga merasa bahagia melihat anak lelaki itu senang, tapi anak lelaki itu tak pernah kembali lagi. Pohon apel itu merasa kesepian dan sedih.


Pada suatu musim panas, anak lelaki itu datang lagi. Pohon apel merasa sangat bersuka cita menyambutnya.

Ayo bermain-main lagi denganku,” kata pohon apel. “Aku sedih,” kata anak lelaki itu. “Aku sudah tua dan ingin hidup tenang. Aku ingin pergi berlibur dan berlayar. Maukah kau memberi aku sebuah kapal untuk pesiar?


Duh, maaf aku tak punya kapal, tapi kau boleh memotong batang tubuhku dan menggunakannya untuk membuat kapal yang kau mau. Pergilah berlayar dan bersenang-senanglah.” Kemudian, anak lelaki itu memotong batang pohon apel itu dan membuat kapal yang diidamkannya. Ia lalu pergi berlayar dan tak pernah lagi datang menemui pohon apel itu.


Akhirnya, anak lelaki itu datang lagi setelah bertahun-tahun kemudian. “Maaf anakku,” kata pohon apel itu. “Aku sudah tak memiliki buah apel lagi untukmu.” Kemudian anak laki-laki itu menjawab, “Tak apa. Aku pun sudah tak memiliki gigi untuk mengigit buah apelmu.”


Aku juga tak memiliki batang dan dahan yang bisa kau panjat,” kata pohon apel. “Sekarang, aku sudah terlalu tua untuk itu,” jawab anak lelaki itu. “Aku benar-benar tak memiliki apa-apa lagi yang bisa aku berikan padamu. Yang tersisa hanyalah akar-akarku yang sudah tua dan sekarat ini,” kata pohon apel itu sambil menitikkan air mata. “Aku tak memerlukan apa-apa lagi sekarang,” kata anak lelaki. “Aku hanya membutuhkan tempat untuk beristirahat. Aku sangat lelah setelah sekian lama meninggalkanmu.” “Oooh, bagus sekali.


"Tahukah kau, akar-akar pohon tua adalah tempat terbaik untuk berbaring dan beristirahat. Mari, marilah berbaring di pelukan akar-akarku dan beristirahatlah dengan tenang." Anak lelaki itu berbaring di pelukan akar-akar pohon. Pohon apel itu sangat gembira dan tersenyum sambil meneteskan air matanya.

Ini adalah cerita tentang kita semua. Pohon apel itu adalah orang tua kita. Ketika kita muda, kita senang bermain-main dengan ayah dan ibu kita. Ketika kita tumbuh besar, kita meninggalkan mereka, dan hanya datang ketika kita memerlukan sesuatu atau dalam kesulitan. Tak peduli apa pun, orang tua kita akan selalu ada di sana untuk memberikan apa yang bisa mereka berikan untuk membuat kita bahagia. Anda mungkin berpikir bahwa anak lelaki itu telah bertindak sangat kasar pada pohon itu, tetapi begitulah cara kita memperlakukan orang tua kita.

Sebarkan cerita ini untuk mencerahkan lebih banyak sahabat dan rekan. Dan yang lebih penting lagi adalah cintailah orang tua kita. Sampaikan pada orang tua kita sekarang, betapa kita mencintainya; dan berterima kasih atas seluruh hidup yang telah dan akan diberikannya pada kita.

Sumber : pempeknyonya.com

Senin, 04 Juni 2012

Listrik Dinamis dalam Pembelajaran di Kelas IX D SMP N 6 Semarang

Pemanfaatan alat peraga khususnya Kit Listrik, sudah menjadi keharusan dalam pembelajaran Listrik Dinamis.
Dari beberapa komponen belajar mengajar  tentunya tidak boleh ada salah satu komponen yang diabaikan, sebagai contoh penggunaan alat peraga, sebab alat peraga mempunyai peranan dan fungsi yang sangat penting, yaitu sebagai alat bantu untuk memperjelas suatu konsep, ide atau pengertian tertentu sehingga siswa tidak akan memiliki pemahaman yang besifat verbalisme ( Rustiyah 1986 : 61 )
Proses belajar mengajar dengan menggunakan alat peraga yang sesuai akan lebih berhasil dari pada tidak menggunkan alat peraga ( Subarjo dkk. 1989 : 273 ).

LOMBA GURU PRESTASI KOTA SEMARANG TAHUN 2012

Terima kasih atas bimbingan, motivasi, dukungan dan doa dari semua pihak.
Tidak ada keajaiban dalam tugas guru, guru tidak diminta berjalan di atas air ataupun membelah lautan.
Tugas guru adalah mencintai anak-anak negeri.
Sudah waktunya guru tak boleh MKK (Miskin Kata-Kata).
Sudah waktunya guru tak boleh TBC (Tidak Bisa Computer).
Sudah waktunya guru Melek Internet.
Sudah waktunya guru Peduli Anak Negeri.

OSN, susah atau mudah ????

Mengintip sejenak soal OSN Fisika yuk .... susah apa mudah ?????


  1. Sebuah elevator naik ke atas dengan percepatan ae. Saat ketinggian elevator terhadap tanah adalah h dan kecepatannya adalah ve (anggap t = 0), sebuah bola dilempar vertikal ke atas dengan laju vbe relatif terhadap elevator. Percepatan gravitasi adalah g.
a)      Hitung waktu yang diperlukan bola (t1) untuk mencapai ketinggian maksimum relatif terhadap bumi! 
b)      Hitung ketinggian maksimum bola relatif terhadap tanah! 
c)      Hitung percepatan bola relatif terhadap kerangka elevator! 
d)     Hitung waktu yang diperlukan bola (t2) untuk mencapai ketinggian maksimum relatif terhadap elevator!
e)      Hitung ketinggian maksimum bola relatif terhadap elevator! 
f)       Kapan bola kembali menyentuh elevator? 

  1. Sebuah helikopter berusaha menolong seorang korban banjir. Dari suatu ketinggian L, helikopter ini menurunkan tangga tali bagi sang korban banjir. Karena ketakutan, sang korban memanjat tangga tali dengan percepatan ak relatif terhadap tangga tali. Helikopter sendiri diam  di tempat (relatif terhadap bumi) dan menarik tangga tali naik dengan percepatan a relatif terhadap tanah. Anggap tali diam saat korban mulai memanjat (kecepatan mula mula adalah nol). Anggap massa korban m, percepatan gravitasi g.dan massa tangga tali bisa diabaikan.
a.       Hitung waktu yang dibutuhkan sang korban agar sampai ke helikopter, nyatakan dalam a, ak dan L
b.      Tentukan panjang tali yang dipanjat oleh korban, nyatakan dalam a, ak dan L
c.       Tentukan bagian tali yang ditarik oleh helikopter, nyatakan dalam a, ak dan L
d.      Hitung usaha korban untuk naik ke helikopter, dalam m, g, a, ak dan L
e.       Hitung juga usaha helikopter untuk menarik korban sampai korban mencapai helikopter, dalam m, g, a, ak dan L

3.   Sebuah drum terbuka berdiameter 56 cm diisi 246,4 liter minyak tanah yang massa jenisnya 0,8 gram/cm3. Jika tekanan udara 0,92 atm, 1 atm = 101325 newton/m2 dan gravitasi 10 m/s2 maka tekanan pada bagian atas dasar drum itu adalah ....
4.   Air 100 cc dimasukkan ke dalam sebuah pipa U, kemudian ditambahkan minyak 50 cc (massa jenis 0,9 gram/cm3). Jika luas penampang pipa U itu 5 cm2, maka beda tinggi permukaan air dan minyak dalam pipa U itu adalah ....
5.    Sebuah balok kayu yang massa jenisnya 8,0 x 102 kg/m3, massanya 2 kg. Pada bagian bawah kayu menempel sebongkah logam bermassa jenis 1,0 x 104 kg/m3, sehingga bagian kayu yang terendam air adalah 90%. Massa timbal adalah ....
 


Klinik Mapel Fisika Jelang UKK (Ulangan Kenaikan Kelas)

Untuk siswa kelas VIII, tanggal 11 Juni 2012 UKK akan dilaksanakan.
Persiapkan diri kalian.
1. perbanyak waktu untuk mereview materi
2. perbanyak mengerjakan soal latihan
3. kelola waktumu untuk istirahat, belajar dan olahraga
4. berdoa, berdoa dan berdoa.
5. stop aktivitas yang tak berguna


Yuk, sinau bareng bu yus....


CAHAYA

Standar kompetensi :   
Memahami konsep dan penerapan getaran gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari.
Kompetensi Dasar     : 
6.3.    Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa.




A.    Pilihlah jawaban yang benar dengan  memberi tanda silang (X) pada abjadnya!
1.      Data:
1.      gelombang mekanik
2.      gelombang elektromagnetik
3.      gelombang transversal
4.      gelombang longitudinal
Cahaya termasuk dalam data nomor  …
a.       1 dan 3            b.  1 dan 4                   c.  2 dan 3                   d.  2 dan 4

2.  Bayangan umbra dan penumbra dapat terbentuk secara bersamaan, apabila ….
a.    sumber cahaya lebih kecil daripada bendanya
b.   benda tembus cahaya berada di depan sumber cahaya
c.    sumber cahaya lebih besar daripada bendanya
d.   benda hitam menghalangi sumber cahayanya
 
3.  Pada siang hari ruang kelas kelihatan terang karena adanya ….
a.       pemantulan baur                            c.  pemantulan sempurna
b.      pemantulan teratur                        d.  pembiasan cahaya

4.    Sebuah cermin cekung mempunyai jarak fokus 15 cm
Jika sebuah benda berada 12 cm di depan cermin, maka sifat bayangan yang terbentuk ….
a.       nyata, terbalik dan diperkecil      c.  maya, tegak dan diperbesar
b.      nyata, terbalik dan diperbesar     d.  maya, terbalik dan diperkecil
 
5. Cermin cembung mempunyai sifat ….
a.       mengumpulkan berkas sinar sejajar
b.      menyebarkan berkas sinar sejajar
c.       membiaskan berkas sinar konvergen
d.      membiaskan berkas sinar divergen

6.  Sebuah benda dilaetakkan di depan cermin cembung.  Sifat bayangan yang terbentuk adalah ….
a.       maya, tegak dan diperkecil
b.      maya, terbalik dan diperbesar
c.       nyata, tegak dan diperbesar
d.      nyata, terbalik dan diperkecil

7. Berkas cahaya yang merambat dari kaca ke udara dengan arah tegak lurus akan ….
a.       dibiaskan mendekati garis normal
b.      dibiaskan menjauhi garis normal
c.       dipantulkan kembali
d.      diteruskan tanpa dibelokkan

8.   Data:
1.      terbentuknya bayangan umbra dan penumbra
2.      sebatang pensil yang dicelupkan ke air tampak bengkok
3.      dasar kolam tampak lebih dangkal
4.      terjadinya pelangi
Contoh peristiwa pembiasan ditunjukkan data nomor …
  1. 1 dan 3            b.  1 dan 4                   c.  2 dan 3                   d.  2 dan 4

9. Sudut datang yang menyebabkan sinar bias berimpit denga bidang batas disebut sudut ….
a.       bias                  b.  pantul                     c.  penyiku                   d.  batas

10. Contoh pemantulan sempurna adalah peristiwa ….
  1. cahaya bintang tampak berkelap-kelip
  2. sendak tampak bengkok ketika dimasukkan ke dalam gelas berisi air
  3. gemerlapnya batu berlian saat disorot lampu
  4. pada sore hari matahari tampak lebih besar
 
B. Jodohkanlah pernyataan pada kolom kiri dan kanan sehingga terjadi hubungan yang tepat!

1
.
(     )
Sudut datang sama besarnya dengan sudut pantul
a.
maya, tegak
2
.
(     )
Membentuk bayangan maya, tegak dan sama besar
b.
lensa cembung
3
.
(     )
Cermin cembung
c.
difus
4
.
(     )
Benda diletakkan antara O - F pada cermin cekung
d.
lensa cekung
5
.
(     )
Cahaya jaruh secara tegak lurus pada 2 medium.
e.
hukum Snellius
6
.
(     )
Pemantulan cahaya yang arah sinar pantulnya tidak teratur
f.
konvergen
7
.
(     )
Bayangan tidak dapat ditangkap oleh layar.
g.
divergen
8
.
(     )
Lensa yang mempunyai bentuk bagian tengah lebih tebal dari bagian tepinya
h.
teratur
9
.
(     )
Membentuk bayangan maya, tegak dan diperkecil
I.
diteruskan
10
.
(     )
Peruraian warna cahaya putih menjadi beberapa warna lain.
j.
dispersi




k.
cermin datar




l.
pembiasan




m.
maya

C. Jawablah dengan singkat dan jelas!

1.      Gambarkan diagram gerhana matahari!  Tunjukkan bagian umbra dan penumbra!
2.      Sebuah benda tegak yang ringginya 2 cm berada 5 cm di depan cermin datar.
a.       lukis jalannya sinar pembentukan bayangan!
b.      sebutkan sifat bayangan yang  terbentuk!
3.   Sebuah benda yang tingginya 5 mm berada 3 cm di depan cermin cekung yang berjari-jari 8 cm.
  1. lukis jalannya sinar pembentukan bayangan!
  2. sebutkan sifat bayangan!
4.   Sebuah benda yang tingginya 1 cm diletakkan 6 cm di depan lensa cembung yang mempunyai jarak fokus 3 cm
  1. lukis jalannya sinar pembentukan bayangan !
  2. sebutkan sifat bayangan!
5.   Dua buah cermin datar yang masing-masing panjangnya 6 cm diletakkan saling berhadapan pada jarak 3 cm.  Seberkas cahaya datang pada ujung salah satu cermin dengan sudut 30o terhadap cermin.  Lukiskan pemantulan cahaya pada kedua cermin tersebut!

ALAT-ALAT OPTIK
Standar kompetensi    :   
6.  Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sederhana.
Kompetensi dasar      : 
 6.4  Mendeskripsikan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

A.    Pilihlah jawaban yang benar dengan  memberi tanda silang (X) pada abjadnya!
1.      Kemampuan lensa mata menebal dan menipis sesuai jarak penglihatan disebut ….
a.       daya akomodasi                            c.  daya mata
b.      daya lensa                                     d.  daya miopi

2.      Sifat bayangan yang terbentuk pada mata adalah .....
a.       nyata, tegak, lebih kecil                c.  maya, tegak, lebih kecil
b.      nyata, terbalik, lebih kecil             d.  maya, terbalik sama besar

3.      Bagian mata yang mengatur banyaknya cahaya yang masuk disebut ....
a.       kornea                                           c.  iris
b.      lensa                                              d.  retina

4.      Tempat terbentuknya bayingan pada mata di ....
a.  kornea                                             c.  iris
b.  retina                                              d.  retina

5.      Pupil akan melebar bila mata melihat benda ....
a.  pada jarak titik jauh                        c.  ditempat terang
b.  pada jarak titik dekat                     d.  di tempat gelap


6.      Seseorang mempunyai titik dekat 25 cm dan titik jauh tak terhingga.  Orang tersebut termasuk kelompok .....
a.  emetropi                                         c.  hipermetropi
b.  miopi                                              d.  presbiopi

7.      Penderita rabun jauh dapat dibantu dengan kacamata yang berlensa ....
a.  positif                                             c.  negatif
b.  bifokal                                            d.  rangkap

8.      Kacamata berlensa cembung digunakan untuk membantu penglihatan penderita ....
a.  emetropi                                         c.  hipermetropi
b.  miopi                                              d.  presbiopi

9.  Lensa bagian bawah pada kacamata bifokal berfungsi untuk ....
a.  berjalan                                           c.  membaca
b.  melihat benda jauh                         d.  melihat pemandangan

10.  Jenis cacat mata yang disebabkan bentuk lensa mata yang tidak sferis adalah ....
a.  astigmatisma                                   c.  miopi
b.  hipermetropi                                   d.  presbiopi

11.  Bagian kamera yang fungsinya sama dengan iris mata adalah ....
a.  diafragma                                       c.  film
b.  shutter                                            d.  lensa

12.  Sifat bayangan yang dibentuk kamera adalah ....
a.  maya, tegak dan diperkecil            c.  nyata, terbalik dan diperkecil
b.  maya, terbalik dan diperbesar        d.  nyata,  tegak dan diperbesar

13.  Agar terbentuk bayangan yang tajam pada film, maka kedudukan obyek .....
a.  tepat di titik fokus                          c.  tepat di titik 2F
b.  antara fokus dan 2F                       d.  lebih jauh dari 2F

14.  Sifat bayangan yang dibentuk lup adalah ....
a.  maya, tegak dan diperbesar            c.  nyata, tegak dan sama besar
b.  maya, terbalik dan diperbesar        d.  nyata,  terbalik dan diperbesar

15.  Bila obyek diletakkan tepat di titik fokus lup maka pengamat ....
a.  berakomodasi minimum                 c.  berakomodasi pada titik dekat
b.  berakomodasi pada jarak F            d.  berakomodasi maksimum





II.    Jodohkanlah pernyataan di sebelah kiri dan kanan sehingga menjadi hubungan yang tepat!

1
.
(     )
Alat untuk mengamati obyek yang kecil atau jauh.
a.
retina
2
.
(     )
Keadaan lensa mata saat melihat benda jauh.
b.
rabun jauh
3
.
(     )
Tempat terbentuknya bayangan pada mata.
c.
rabun dekat
4
.
(     )
Punctum proximum
d.
berakomodasi maksimum
5
.
(     )
Bayangan jatuh di depan retina.
e.
memipih
6
.
(     )
Dapat dibantu dengan kacamata positif.
f.
teleskop
7
.
(     )
Pembuka dan penutup cahaya pada  kamera.
g.
periskop
8
.
(     )
Obyek diletakkan antara O dan F lup
h.
alat optik
9
.
(     )
Lensa mikroskop yang letaknya dekat preparat
I.
pupil
10
.
(     )
Teropong pada kapal selam.
j.
shutter




k.
obyektif




l.
okuler




m.
titik dekat


III. Jawablah dengan benar dan jelas!

1.      Sebutkan 3 bagian mata dan kamera yang memiliki fungsi sama!
Jawab:    a.     ………………………………………….
b.       ………………………………………….
c.       …………………………………………..

2.      Lukiskan pembentukan bayangan pada mata!
a.  normal                                            c.  hipermetropi
b.  miopi                                             
Jawab:         a.     ………………………………………….
b     ………………………………………….
b.          …………………………………………..

3.      Sebut dan jelaskan 4 jenis cacat mata serta lengkapi dengan kacamata yang dapat membantu melihat dengan jelas!
Jawab:       a.  ………………………………………….
                           b.  ………………………………………….
c.       …………………………………………
d.      …………………………………………

4. Sebuah lup yang mempunyai jarak titik api 25 mm digunakan untuk mengamati obyek.  Hitung perbesaran bila pengamat
a.  tidak berakomodasi                        b.  Berakomodasi maksimum
Jawab:    a.  ………………………………………….
               b.  ………………………………………….

5. Seorang kakek tidak dapat membaca buku yang jaraknya kurang dari 40 cm dan penglihatannya kabur jika melihat benda yang jaraknya lebih dari 1 m.
a.  Sebutkan cacat mata yang dialami kakek tersebut!
b.  Jelaskan fungsi kacamata bifokal yang dapat membantu kakek tersebut!
Jawab:    a.  ………………………………………….
                b.  ………………………………………….
 ATOM, ION DAN MOLEKUL
 Kompetensi Dasar : -   Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul
                                    -    Menghubungkan konsep atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari.
                                    -   Membandingkan molekul unsur dan molekul senyawa


A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan memberi tanda centang (√) pada huruf didepan pilihan jawaban !

 1. Zat tunggal yang tidak dapat dibagi lagi disebut ….
      a.   ion                                                 c.   molekul
      b.   atom                                              d.   senyawa
 2. Untuk penulisan nama atom yang masih dipakai sampai sekarang ditemukan oleh ….
      a.  John Dalton                                    c.  J.J. Thompson
      b. Berzellius                                        d.  Rutherford
 3. Unsur yang paling ringan di alam ini adalah ….
      a.  Nitrogen                                         c.  Hidrogen
      b.  Aluminium                                     d.  Oksigen
 4. Di bawah ini tergolong partikel materi, kecuali ….
      a.  atom                                               c.  molekul
      b.  ion                                                  d.  campuran.
 5. Elektron tersebar secara merata dalam atom yang berbentuk bulat pejal. Model atom ini dikemukakan oleh ….
      a.  Dalton                                            c.  J.J. Thompson
      b.  Rutherford                                     d.  Niels Bohr
 6. Partikel pembentuk inti atom terdiri dari ….
      a.  proton dan netron                           c.  electron dan netron
      b.  proton dan electron                        d.  proton saja
 7. Partikel yang mempunyai muatan listrik – 1  adalah ….
      a.  Netron                                            c.  proton
      b.  electron                                          d.  isoton
 8. Partikel yang bergerak mengelilingi inti atom adalah ….
      a.  netron                                             c.  isoton
      b.  proton                                             d.  electron
 9. Elektron bergerak mengelilingi inti atom pada lintasan tertentu yang tetap. Pendapat ini dikemukakan oleh ….
      a.  Dalton                                            c.  Niels Bohr
      b.  Rutherford                                     d.  J.J. Thompson
10. Atom Magnesium dengan jumlah electron 12, mempunyai konfigurasi electron …
      a.  8, 2, 2                                             c.  2, 8, 2
      b.  2, 6, 4                                             d.  2, 2, 8
11. Atom Kalium dengan jumlah electron 19 mempunyai konfigurasi electron ….
      a.  2, 2, 8, 5                                         c.  2, 8, 9
      b.  8, 8, 3                                             d.  2, 8, 8, 1
12. Jumlah electron pada atom Fosfor dengan konfigurasi electron  2, 8, 5 adalah ….
      a.  2 elektron                                       c.    8 elektron
      b.  5 elektron                                       d.  15 elektron
13. Atom Chlor dengan jumlah electron 17, mempunyai ….
      a.   7 elektron pada kulit ketiga           c.   8 elektron pada kulit ketiga
      b.   2 elektron pada kulit ketiga          d.  10 elektron pada kulit ketiga
14. Jumlah proton dalam inti atom dapat diketahui dari ….
      a.   nomor massa                                  c.   nomor atom
      b.  jumlah netron                                 d.   massa atom relative
15. Pada atom Na dengan nomor atom 11 dan nomor massa 23 terdapat ….
      a.   11 netron                                       c.  23 netron
      b.   12 netron                                       d.  34 netron

B.    Jodohkan pernyataan pada kolom A dengan kolom B sehingga menjadi hubungan yang tepat !
Pernyatan  A
Pernyataan  B
 1. Lambang atom Karbon
 2. Atom dengan lambang  K
 3. Molekul  CO2
 4. Rumus molekul garam dapur
 5. Atom seperti roti kismis
 6. Orang yang pertama kali mengemuka-
     kan  pengertian atom
 7. Menerima elektron
 8. Kehilangan electron
 9. Materi yang tersusun oleh molekul unsure
10. Nomor atom

A. Kation
B. Democritus
C. Kalium
D. Anion
E. gas Hidrogen
F. jumlah electron
G. Karbon dioksida
H.  C
I.  J. J.  Thompson
J.  Na Cl

C.     Jawablah dengan benar dan jelas !
1. Apa yang dimaksud dengan atom, ion dan molekul ?
   Jawab : …………………………………………………………………………………………...
               
2. Sebutkan contoh molekul unsure dan molekul senyawa !
   Jawab  : …………………………………………………………………………………………..
               
3. Apa perbedaan antara molekul unsure dengan molekul senyawa ?
   Jawab  : …………………………………………………………………………………………..
                 .
4. Nyatakan jenis partikel berikut ke dalam atom, molekul, atau ion !
    a. Aluminium termasuk ……………..                    d. Natrium Chlorida termasuk ……………..
    b. Gas Oksigen termasuk ……………                   e. Amonia termasuk ……………..
    c. Air termasuk ……………………...                    f.  Karbon termasuk …………….

5. Apakah yang dimaksud dengan konfigurasi electron ?
                    Jawab  :       …………………………………………………………………………………………..